JASA PEMBUATAN SKRIPSI, TESIS & DISERTASI MERUPAKAN TINDAKAN KRIMINAL DALAM BIDANG PENDIDIKAN

IMG_20130116_151847

 

Skripsi, tesis, dan disertasi merupakan salah satu penelitian yang dilakukan yang bertujuan untuk memperoleh gelar atau kelulusan bagi mahasiswa/mahasiswi yang biasanya dilakukan pada akhir semester masa perkuliahan. Namun, apakah anda tahu bahwa di Indonesia mungkin sudah banyak sekali lulusan-lulusan Universitas yang tidak mengerjakan penelitian ilmiahnya sendiri, dalam arti mereka membayar orang-orang yang melakukan jasa pembuatan penelitian ilmiah, seperti skripsi, tesis, disertasi, bahkan laporan magang sekalipun.
Bagi beberapa kalangan mungkin ini merupakan hal yang sepele, tapi tidak demikian dengan saya. Bagi saya ini merupakan masalah yang serius. Hal seperti ini dapat membuat generasi muda Indonesia yang mengenyam pendidikan di Universitas cenderung bodoh dan pemalas. Banyak dari mereka yang sudah hopeless duluan saat mendengar kata “Laporan Magang”, “Skripsi”, “Tesis”, maupun “Disertasi”. Padahal kalau mereka niat belajar dan mau mengerti tentu hal ini tidak sesulit seperti yang mereka bayangkan.
Apakah menurut anda jasa pembuatan skripsi/tesis/disertasi ini merupakan kegiatan yang legal? Saya yakin TIDAK. Apakah para petinggi dan Professor, bahkan Dekan di setiap Universitas di Indonesia setuju dan memaklumi hal ini? Kalau iya, berarti masalah ada pada para tenaga pengajar di Universitas yang tidak memiliki ketegasan, dan tidak membimbing para mahasiswa/mahasiswi dengan baik sehingga banyak dari mereka yang tidak paham dengan penjelasan para pembimbing mereka. Lalu apa kita hanya menyalahkan mereka? Bagaimana dengan pribadi para mahasiswa/mahasiswi sendiri? Usaha apa yang sudah mereka lakukan untuk pendidikan mereka? Usaha dalam arti belajar, atau usaha dalam arti mencari uang untuk bisa membayar para pelaku jasa pembuatan penelitian ilmiah? Anda bisa menjawabnya sendiri.
Saya sangat berharap ada beberapa kelompok atau komunitas mahasiswa yang peduli dan sadar tentang hal ini serta mau melakukan perubahan. Janganlah jadi individu-individu yang egois, pikirkanlah mau jadi apa bangsa ini? Apa yang bisa kita dedikasikan untuk bangsa ini? Setidaknya, marilah jujur pada diri sendiri. Bagi anda yang ingin berkomentar terhadap tulisan ini silahkan saja.

Salam,
Naomi Indah Sari
Lets Share Your Positive Thoughts With Me

You also can follow my instagram: 


naomiindahsari 


Or add me as friend on facebook: 


naomi indah sari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s