Buku: The Year of Living Dangerously;Cinta ditengah Gejolak Revolusi 65′

Bandung, 11 Juli 2016

22:00 WIB

Hellou readers, uda ada yg pernah baca buku ini? Hehehe 

Waktu nemuin buku ini ditumpukan buku2 diskon, gw semangat bgt mo belinya. Tertarik sm cover bukunya yg gmn gt yah. Living Dangerously, wah keren nie kyknya. Cinta ditengah Gejolak Revolusi 65, ehmmm penasaran nie. Ditambah ada gambar bung Karno lg pidato, dan kutipan “Novel terbaik tentang Indonesia”, wuih keren nie kyknya nie buku. Trs jg sedikit kontroversial krn ada tulisan “Dilarang terbit oleh rezim orde baru”. Bahhh…. Ga bnyk cingcong langsung gw beli lha buku ini.

Hari pertama, lalu minggu berikutnya, smp bln berikutnya, kok gw baca novel ini ga mudeng sm ceritanya yah. Apa krn bahasa tulisannya, atau krn emang isi ceritanya ga “easy reading”? Atau emang gw nya yg ga ngerti politik zaman itu yah. Wkwkwkwkwkkkkk 

Ya sudahlah yah, disini gw share cover buku ini, cm mo minta tolong buat para readers yg mungkin ud pernah baca buku ini & ngerti, please share & jelasin ke gw. Biar gw ada sedikit dpt pointnya yah. Wkwkwkwkwkkkkk cz jujur gw males bgt baca dr awal lg. Sampai2 buku ini pun mo gw hibahkan aja sm tmn gw yg minat mo baca ini. Biar nanti dy jg bs share ke gw. Hehehe

Tp dibuku itu ada yg menarik waktu ngebahas reproduksi lukisan kurcaci Sebastian de Mona oleh Velasquez. Tokoh dlm cerita novel yg namanya Billy Kwan memberi nama Kurcaci Aragon-Vincente Lopez, 1825. Lalu si Kwan menerjemahkan lukisan itu demikian:

Orang bijak berkata: “Rahasia hikmah dibukakan bagiku.” Tetapi kurcaci itu berkata: “Aku tidak dapat bersaing dengan orang bodoh yg dikelabui oleh hikmah.”

Well readers, menurut km pernyataan mana yg tepat? Pernyataan org bijak atau pernyataan kurcaci?

Waktu baca kalimat si orang bijak gw langsung mengamini, “iya donk. Biasanya orang bijak kan yg punya hikmah untuk berpikir & bertindak.” Tp waktu si kurcaci bilang klo dy ga bs bersaing sm org bodoh yg dikelabui oleh hikmah, ehmmm gw agak bingung dkt, berarti si kurcaci bilang klo org bijak itu bodoh donk? Krn org bijak dikelabui hikmah? Well, lets think by your own & share it to me if you find it out. ^_^

Mungkin emang gw yg ga tertarik sm politik yah, smp baca buku macam ini pun gw tertariknya  sm tulisan2 yg punya kata2 indah & sarat makna. Contohnya salah satu puisi yg ditulis jg di buku tersebut. 

Seketika aku terkenang bendungan tua di Istana

Ketika kau dan aku berderap menuju Taman Ungu

Saat kita menggiring kuda-kuda kita mendaki Jalan Ekor Naga

Kita berpaling dan memandang kehijauan bukit-bukit Selatan

Semenjak kita berpisah, kita telah sama-sama menua

Dan pikiran kita direcoki banyak kecemasan

Namun bahkan sekarang aku membayangkan telingaku penuh

Dengan suara giok bergemerincing di tali kekangmu.

Ceritanya di novel itu si Guy Hamilton, seorang wartawan nemuin tulisan berisi puisi itu yg merupakan karyanya si Billy Kwan. 

Udahan dulu yah untuk hari ini. ^_^
With Love,

Naomi Indah Sari

You also can follow my instagram: 


naomiindahsari 


Or add me as friend on facebook: 


naomi indah sari

Leave a Reply

