Etienne Naveau: Sastra Indonesia dihargai di Prancis

Bandung, 16 Juli 2016

10:00 Wib

Good morning readers,

Tadi sekitar jam 8 pagi saat gw ud mandi, uda kece, gw langsung bertengger di ruang tamu minum wedang jahe sambil baca koran Pikiran Rakyat. Niatnya sih mau cari lowongan kerja, secara ini hari Sabtu pasti banyak loker yg ditampilkan. Hohoho

Dan saat gw liat halaman terakhir di page Apa & Siapa, menarik banget waktu baca tentang Etienne Naveau. Siapakah dia? Berikut ini artikelnya:

Etienne Naveau (55) merupakan salah seorang Indonesianis asal Prancis, yg memperkenalkan sastra Indonesia kepada rakyat Prancis, khususnya kepada para mahasiswa yg memperdalam sastra dan bahasa Indonesia di Inalco, Paris, Prancis. Ia tidak hanya menerjemahkan novel, cerita pendek, dan puisi yang ditulis dalam bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis, tetapi juga menjadi narasumber mengenai sastra Indonesia dalam berbagai forum di Paris.

Dalam memperkenalkan satu dari sekian bentuk penulisan puisi di Indonesia, Etienne memperkenalkan soneta yg ditulis oleh para penyair Indonesia sejak zaman Pujangga Baru hingga penyair terkini seperti Heni Hendrayani, Meitha Kh, dan Ratna Ayu Budhiarti.

“Sudah lama buku ini saya kerjakan. Saya mencari bahan ke berbagai perpustakaan, termasuk di PDS HB Jassin. Buku ini sudah terbit di Paris. Saya beri judul Florilege yg diterbitkan oleh Pasar Malam/Collection du Banian, 2016,” ujarnya kepada PR di Inalco, Paris, Jumat, 24 Juni 2016.

Buku tersebut menghimpun 42 penyair dengan 120 soneta. Karya penyair Malaysia yg masuk ke dalam buku tersebut yaitu milik Kemala dan Baha Zain.

“Ini merupakan upaya saya dalam memperkenalkan puisi yg ditulis oleh para penyair Indonesia. Sayang sekali bahan bacaan yg ditulis oleh sastrawan Indonesia yg dimiliki perpustakaan kami di Inalco sangat kurang. Akibatnya, bila ada suatu penilitian, kami harus terbang ke Indonesia, bertemu dengan narasumber dan buku-buku yg ditulisnya,” ungkap Etienne yg sering diajak kritikus Maman S. Mahayana ke berbagai universitas di Indonesia.(Soni Farid Maulana/PR).

Well readers, gimana pendapat kamu? Keren kan… Orang Prancis aja concern banget lho sama sastra Indonesia. Bahkan sampai dipelajari, didalami, diteliti, sampai ditulis bukunya. Ini baru namanya apresiasi. Terima kasih Etienne Naveau yg sudah mengangkat sastra Indonesia dan sudah menghargai para sastrawan dan sastrawati kami. Kami bangga dan senang, apa yg anda lakukan di negara anda sangat berarti bagi kami. 

Untuk readers yg masih duduk di bangku sekolah dan kuliah, yuk mari kita mulai berlatih membaca. Mulai dari membaca novel, sastra, hingga membaca buku-buku ilmu pengetahuan lain untuk menambah wawasan kita. Selain dapat menambah wawasan, dengan membaca buku, pikiran kamu dan kegiatan kamu akan jadi jauh lebih positif. 

Mari semangat membaca! Happy reading…
With Love,

Naomi Indah Sari

You also can follow my instagram: 


naomiindahsari 


Or add me as friend on facebook: 


naomi indah sari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s