Job Seeker

Bandung, 2 Agustus 2016

Pukul 09:30 wib
Good morning readers,

Sekedar mo curhat, uda 1 bulan lebih gw tinggal di Bandung. Pindah dr Jkt ke Bandung tanggal 19 Juni. Trs selama di Bandung gw nikmatin liburan, wara wiri, ngemall, makan tidur, dsb. Lalu usai libur lebaran baru deh gw mulai aktif cari2 lowongan kerja dari tanggal 13 Juli.

Dannnnnnn….. Betapa shocknya gw & betapa bodohnya gw juga, sebelum pindah ke Bandung gw blm melakukan penelitian, cari2 info, investigasi, dan sejenisnya seputar “kerja di Bandung”. Alhasil pas gw interview2, gw dengan PD & bangganya menulis nominal gaji terakhir gw di Jkt, berharap gw akan dapet gaji diatas itu. Ternyata semua harapan gw itu hanya sekedar harapan krn gw masih nganggur hingga sekarang. Klo dihitung dr tgl 12 Juli baru 3 minggu yah gw nganggur. Tp ttp aja gw shock, krn kebanyakan perusahaan2 di Bandung ngasih gajinya 1/2 dari gaji gw di Jkt. Oh my gosh… Hahaha

Berikut ini beberapa interview yg ud gw jalanin dalam 3 minggu ini yg perusahaannya langsung nerima gw, tp gw nya malah nolak. Berikut ini alasan gw nolak:

Interview 1: gw msh blm mudeng klo range gaji di bandung itu parah. Di perusahaan pertama ini masuknya jam 7:30, dan lokasinya jauh. Klo gw kerja disitu, gw hrs brngkt jm 5:30 plus gaji yg cuma “segitu”. Plus kerja rodi yg bnyk bgt job desknya.
Interview 2: lokasinya lebih parah lg jauhnya, di Kabupaten, dkt perbatasan kota sebelah. Perjalanan pake mobil pribadi lebih dr 2 jam. Gaji jg dibawah standar.
Interview 3: gw langsung diterima jd dosen bahasa Inggris tp dibayarnya cm 30rb/jam. Sebulan cm dpt 8 jam. Ini sih parah. Di Jkt gw ngelesin private anak SD aja dibayar 120rb/jam. Helloouuuu….
Interview 4: ini jg rese. Di koran dy blg ada lowongan untuk manager atau PR, pas gw dateng untuk interview, gw disuruh jd recepcionist. Hellooouuuuu gw kuliah smp S2 disuruh jd receptionist. Ngana HRD??? (Sorry bukannya sombong, cm at least pandang ijazah S1 gw lha. Jgn hargain gw macam gw lulusan SMA. Huhuhu).
Interview 5: lokasinya jauh, dan gajinya bikin gw shock, sangat dibawah standar. 
😭😭😭😭😭😭

Banyak juga interview2 lain yg ud gw jalanin, cm ga ada kabar dr mereka lg. Hiks hiks. Ini antara gw yg standar gajinya ketinggian & bikin mreka shock, smp mereka males nego. Atau emang mereka belom berani hire gw. Huhuhu. Apakah gw harus menurunkan standar gw dan harus rela digaji dengan range yg sama kayak lulusan anak SMA? Hiks hiks. Sedih bgt nie gw.

Dan setelah interview demi interview uda gw jalanin. Setelah gw pikir2 & gw timbang2, kyknya gw hrs nurunin nominal gaji gw di form calon karyawan, biar gw diterima, at least mreka ga males buat nego. Hahaha

Sebenernya gw cuma butuh diterima kerja dulu, biar gw ga nganggur. Cz gw ga suka nganggur. Gw uda biasa sibuk kerja dr pagi smp mlm. Dan nganggur tuh bukan gw bgt. Gw tipe orang yg harus belajar & harus kerja. Ga boleh diem aja.

Dan dan dan, walau bagaimanapun kerja jd staff memang bukan mimpi gw, tp kebutuhan. Gw butuh kerja supaya gw dapat gaji. Klo mimpi gw sendiri sih, gw pengen bgt jadi dosen, terus gw mau lanjutin S3, terus gw mau jadi penulis. Entah jadi penulis novel kek, biografi kek, autobiografi kek, menulis jurnal ilmiah kek, menulis penelitian kek, jd penulis buku2 ilmu pengetahuan kek, pokoknya gw pengen jadi penulis. Genre-nya apa, gw blm terpikir. Yg penting gw nulis dulu. Kenapa gw harus jadi dosen? Karena buat apa gw kuliah S3 tapi ga ngedosen? Apa yg gw cari coba? Klo misal gw kerja cuma jadi staff biasa, akan sangat buang2 waktu & buang2 duit klo gw kuliah S3. Dengan demikian goal pertama gw, harus bisa & diterima jadi dosen dulu.

Btw btw, tp so far interview2 diatas itu kebanyakan di perusahaan2 gt, gw blm dpt kesempatan buat dapet link yg gw bisa ngelamar jd dosen. Di interview ke-3 yg gw ceritain diatas itu kampus abal2 gt, bayangkan dibayarnya 30rb/jam. Jd itu ga masuk hitungan interview dosen universitas yg gw harapkan. 

Sepertinya perjalanan saya masih begitu panjang bung. So far baru 3 minggu perjuangan gw interview sana sini. Semoga diawal bulan agustus ini gw bisa langsung dapet kerja. Doakan aku yah…! ^_^ semangat!!!
With love, 

Naomi Indah Sari

You also can follow my instagram: 


naomiindahsari 


Or add me as friend on facebook: 


naomi indah sari

Leave a Reply

