Trip to Bali

Bandung, 26 Maret 2017

13:50 WIB

Hi readers, kali ini gw mau share trip gw waktu ke Bali tanggal 29 Desember 2016-1 Januari 2017 lalu. Uda basi emang, tapi mau share aja. hahahahha

Gw ke Bali niatnya emang mau malam tahun baruan di Bali, kebetulan waktu itu gw lagi liburan di rumah nyokap gw di Gresik, kebayang seminggu lebih hiburan apaan di Gresik, secara tahun 2015 lalu gw uda datengin semua tempat wisata di Surabaya, jadi demi mengantisipasi kebosanan gw iseng tanya travel Surabaya-Bali yang emang uda gw incer dari tahun 2015. Setelah gw iseng sms yang punya travel, ternyata masing ada seat yg kosong untuk 2 orang. Gw langsung deal & ngajak ade gw yang cewek untuk ke Bali. Per orangnya cuma Rp 950.000, murah tapi ga recommended; jadi gw ga mau share travel itu ke kalian. Why ga recommended? Nanti gw ceritain. hehehehe

Kita berangkat naik bis dari Delta Plaza Surabaya ke pelabuhan Ketapang, lumayan jauh ternyata; tapi dari pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Bali cuma 1 jam aja sampai. Kita sampai Bali jam 5 subuh dan langsung menuju Pusat Oleh-Oleh Krisna, kita numpang mandi pagi di toilet situ. Toiletnya bau sampah dan baju-baju gw jatuh di tong sampah saat gw lagi mandi di toilet, cakepppppppp…. (serius BT. Krn jijik banget harus ngambil baju gw dari tong sampah) T_T. Abis mandi kita foto-foto di sekitaran situ sambil nunggu jam sarapan, sarapannya di tempat itu dan baru dibuka jam 8 pagi. Untung ada spot buat foto-foto, kalau ga ada pastu uda BT banget.

Image may contain: 1 person, standing and outdoor

Dari Pusat Oleh-Oleh Krisna kita menuju ke Danau Bedugul. Lumayan puas foto-foto disini, tempatnya bagus. Oh iya FYI, toilet umum di Bali itu harganya Rp 3.000; cukup mahal untuk buang air kecil. hehehhehe

Image may contain: sky, cloud, outdoor and nature

Sore hari baru kita check in hotel, kita nginep di Pop Hotel Denpasar. Kalau lapar di depan hotel ada tukang bakso enak banget, bakso ikan dan bakso sapi, murah cuma Rp 10.000, ada juga bubur ayam enak banget harganya lupa. hahahha

Depan hotel ada pasar, tapi pasar basah gitu, ga ada yang bisa dibeli untuk kita yang lagi travelling kalau ke pasar itu. Gw dan adik gw jalan kaki menelusuri sepanjang jalan kanan dan kiri hotel dan tidak menemukan tempat-tempat hiburan atau tempat nongrong yang ok, jadi kita balik lagi ke hotel. Next time kalau ke Bali lagi ga mau nginep di daerah situ lagi, boring ga ada apa-apa.

Besoknya kita jalan-jalan ke Tanjung Benoa, pantainya biasa aja; gw cuma foto sebentar di Tanjung Benoa terus kabur jalan kaki menuju pura yang ada di sekitar tanjung benoa untuk foto-foto.

Image may contain: 1 person, standing and outdoor

Image may contain: plant, shoes and outdoor

Dari Tanjung Benoa kita ke Water Blow, lokasinya di daerah Nusa Dua. Pantai di Nusa Dua baguuuuuuuussssssss banget, tapi pantainya itu khusus untuk pengunjung yang nginep di hotel-hotel bonafit yang ada di kawasan Nusa Dua. Next time kalau punya duit banyak, wajib banget nginep di Nusa Dua. No words can describe. Cocok lha harganya. Tapi walau begitu gw tetap nyuri foto pantai Nusa Dua. hehehhee

Image may contain: one or more people, ocean, sky, child, outdoor, water and nature

Image may contain: tree, sky, ocean, plant, outdoor, nature and water

Dari Water Blow, Nusa Dua kita menuju Pantai Pandawa. Pantai Pandawa juga bagus dan bersih. Cuma yang bikin gw BT, itu guide yang punya travel ga ada otaknya deh, masa ngajak jalan-jalan cuma dikasih waktu satu jam. Boro-boro mau main di pantai, mandi aja ga sempet kali. Ini bener-bener mengecewakan dan ogah banget pergi sama travel itu lagi. Kebetulan di Pantai Pandawa lagi ada festival, jadi lumayan lha ada sedikit hiburan walau ga sempat main air.

Image may contain: one or more people and outdoor

Image may contain: sky, outdoor and nature

Image may contain: one or more people, ocean, sky, outdoor, water and nature

Dari Pantai Pandawa, kita ke GWK (Garuda Wisnu Kencana). Tempat ini bagus banget. Gw sampai terpesona memandangi patung batunya dewa Wisnu, menurut gw Dewa Wisnu tampan sekali di ukiran batu itu. wowww banget…. Di GWK ada gadis berbusana Bali, kita free foto bareng dia. Bebas boleh ngasih tips, ga ngasih juga gpp. Di GWK juga ada air suci, umat bisa berdoa dan minta air suci itu. Gw bukan umat Hindu, cuma gw iseng aja pengen foto sambil doa gitu ceritanya. hahahahaha

Image may contain: 2 people, people smiling, people standing and outdoor

Image may contain: 1 person, outdoor

Dari GWK kita balik ke hotel. Malam tersebut adalah tepat di malam tahun baru, di mana si yang punya travel mengiming-imingi kita dengan tagline “Malam Tahun Baru di Bali”. Gw ikut travel ini karena emang pengen ngerasain malam tahun baruan di Bali kan yah. Eh ternyata dan ternyata, si guide yang punya travel bilang gini: “Malam tahun baru ini acara bebas yah. Terserah mau kemana. Kalian jalan-jalan aja sendiri. Karena bis rombongan tidak bisa dibawa ke Pantai Kuta (tujuan tempat malam tahun baru) karena semua tempat di Bali macet bla bla bla.” Terus akhirnya gw ngajak ngobrol cewek-cewek seusia gw yang ada di rombongan gw dan ngajak mereka malam tahun baruan di Kuta, terus mereka bilang kalau mereka mau malam tahun baruan di Sanur; dan mereka ngajak gw dan adik gw. Nanti jam 8an dikabarin lagi pas mau berangkat. Yaudah gw santai tuh langsung berenang sama adik gw di Hotel Harris yang masih satu kawasan sama Pop Hotel. Setelah kita berenang, kita balik ke kamar dan guide ngasih tau dadakan kalau mereka pada mau ke Pantai Kuta. Gw santai aja karena kan gw bisa bareng sama cewek-cewek yang ngajakin gw itu kan. Secara kalau gw ikut rombongan ga keburu juga, kan gw baru mau mandi sementara mereka uda mau berangkat. Yaudah. Abis mandi gw whatsapp tuh cewek-cewek memastikan jam berapa kita mau berangkat ke Sanur, eh ternyata salah satu dari mereka bilang: ‘wah sorry banget mba. Kita ga jadi ngajak kalian. Kita mau pergi sendiri tanpa kalian. Kalian ikut rombongan aja.” Wuahhhhh monyong banget tuh cewek-cewek, gw uda feeling kayaknya mereka mau melakukan hal-hal yang buruk di Sanur, makanya ga jadi ngajak gw dan adik gw. Dia ngomong pas rombongan uda otw ke Pantai Kuta. Terus yang bikin kesel juga, si guidenya kurang asem banget, katanya ga mau bawa rombongan untuk malam tahun baruan, tapi itu nyatanya bisa bawa bis. Kesel banget. Makanya travel ini ga recommended banget karena ga konsisten. Iklannya dan kenyataannya mengecewakan pokoknya.

Terus gw sama adik gw bingung mo malam tahun baruan dimana, jadi gw cari ide di google dan kita memutuskan untuk pergi ke Alun-Alun Denpasar dengan berjalan kaki. Jalanan di Denpasar sepiiiiiiiiiiiiiiiiiiii banget, padahal itu lagi malam tahun baruan. Tapi untungnya suasana di Alun-Alun rame banget dan cukup menghibur. Walau jujur aja gw ngarep malam tahun baruan di Pantai Kuta. Di Alun-Alun Denpasar banyak banget kuliner khas Bali, ada pameran fotografi, dan lain-lain. Terus yang bikin seneng ada penampilan band asal Bali yang suara vocalis ceweknya bagus banget dan gw suka dan sangat terhibur dengernya. Disitu juga ada Warung Tuna Rungu, yang jual komunitas Tuna Rungu, waktu itu gw beli minuman khas Bali namanya CemCem, pokoknya rasa unik dan gw ga abis. hehehehe

Image may contain: drink

Image may contain: 1 person, smiling

Image may contain: indoor

No automatic alt text available.

Image may contain: 6 people, night

Jam 00:00 kami sudah mulai mengantuk dan setelah nonton kembang api kami langsung balik ke hotel dengan menggunakan Gocar. Tapi menunggu Gocarnya aja 1 jam. OMG. Kalau dari tadi gw jalan kaki, uda sampai kali. Tapi melihat tadi pas berangkat agak serem yaudah terpaksa nunggu Gocar.

Besoknya kita check out dan langsung menuju tempat pertunjukan Barong yang namanya Putra Barong. Saat tiba disana kita disambut oleh gadis-gadis yang mengenakan busana Bali dan kita diajak untuk foto bersama, karena sepulangnya dari pertunjukan kita bisa membeli gantungan kunci yang ada foto kita bersama si gadis Bali dengan harga Rp 15.000. Karena murah makanya gw langsung beli. ^_^

Image may contain: 4 people, people smiling

Image may contain: one or more people

Dari Putra Barong kita menuju Pantai Sanur. Panaaaassssssss banget di Sanur, gw uda males foto2. Seperti biasa cm dikasih waktu 1 jam sama guidenya, jd gw pilih makan bakso. Hahaha Dari Pantai Sanur kita menuju Wisata Belanja Cening Ayu, dari Cening Ayu kita ke Wisata Belanja Joger Bali. FYI, harga barang-barang di Joger mahal banget. Kalau mau beli oleh-oleh murah gw rekomendasi Cening Ayu & Pusat Oleh-Oleh Krisna. Setelah itu kita menuju ke Pelabuhan Bali. Di tengah perjalanan kita berhenti di pantai entah apa namanya untuk makan sebelum kita ke Pelabuhan. Pantainya sepi kayak private beach karena memang bukan tujuan wisata.

Image may contain: 1 person, smiling, standing, ocean, sky, outdoor and nature

Itulah perhentian terakhir kita di Bali. Gw pulang dengan hati yang ga puas dan sedikit kecewa. Next time mau ke Bali lagi tapi mau sendiri aja ga usah ikut travel. Menyebalkan. hahhahahaha

Thanks for reading. Sampai jumpa di trip Naomi selanjutnya.

With Love,

Naomi Indah Sari.

*Yang mau liat-liat semua foto Naomi di Bali bisa liat di instagram: naomiindahsari atau di facebook: Naomi Indah Sari.