Puisi Chairil Anwar

Bandung, 9 Juni 2017

11:00pm

Image result for chairil anwar

Hi readers, kali ini saya mau share karya-karyanya Chairil Anwar. Chairil Anwar lahir tahun 1922 dan meninggal di tahun 1949, ia dijuluki sebagai “Si Binatang Jalang” dari karyanya yang berjudul “Aku” (oh iya, karya Chairil yang berjudul “Aku” ini sempat booming lagi setelah tenarnya film Ada Apa Dengan Cinta lho). Chairil adalah penyair terkemuka Indonesia. Ia diperkirakan telah menulis 96 karya, termasuk 70 puisi. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B Jassin sebagai pelopor Angkatan ’45 sekaligus pelopor puisi modern Indonesia. Puisinya membahas berbagai tema, mulai dari pemberontakan, kematian, individualisme, dan eksistensialisme, hingga tak jarang bermakna multi interpretasi.

Berikut ini adalah beberapa karya Chairil Anwar:

Persetujuan Dengan Bung Karno

Chairil Anwar

Ayo! Bung Karno kasi tangan mari kita bikin janji

Aku sudah cukup lama dengan bicaramu

Dipanggang diatas apimu

Digarami lautmu

Dari mulai tanggal 17 Agustus 1945

Aku melangkah ke depan berada rapat di sisimu

Aku sekarang api

Aku sekarang laut

Bung Karno! Kau dan aku satu zat, satu urat

Di zatmu. di zatku, kapal-kapal kita berlayar

Di uratmu, di uratku, kapal-kapal kita bertolak dan berlabuh

AKU

Chairil Anwar

Kalau sampai waktuku

Ku mau tak seorang kan merayu

Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang

Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku

Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari

Berlari

Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi

Thank you for reading…^_^

With Love,

Naomi Indah Sari

You also can follow my instagram:

naomiindahsari

or add me as friend on facebook:

Naomi Indah Sari

Leave a Reply

