Trip To Singapore

Bandung, 5 Juli 2017

08:30pm

Hi readers, kali ini gw mau share trip gw waktu ke Singapore bareng bestfriend. Gw ke Singapore tanggal 18 Maret – 20 Maret 2017. Gw dan teman gw iseng aja ngebolang ke Singapore. Padahal kita berdua sama-sama belum pernah ke Singapore. Setelah gw melakukan riset alias ngumpulin data tempat wisata apa aja yang mau dikunjungin, dan tranportasi apa aja yang bisa kita gunakan selama di Singapore, langsung deh kita book tiket pesawat dan hotel. ^_^

Saat kita menginjak Bandara Changi, kita berdua beneran kayak orang linglung. Hahahahaha mungkin gw aja yang linglung, temen gw sih biasa aja.

1. Pas sampai di bandara kita salah jalur pas mo keluar. Terus temen gw ngeh kok kayaknya orang-orang pergi kearah yang berlawanan, yaudah terus kita balik arah. ^_^
  2. Gw dan temen gw mau beli kartu STP (Singapore Tourist Pass) buat naik MRT. Pas kita ke loket MRT, ternyata beli kartu STP bukan di loket itu, tapi di tempat yang lain. Terus si petugas loket ngarahin kita ke tempat lain sambil ngomong “Go up, go there“. Well, “go up” gw tau nie maksudnya keatas, tapi atas yang mana. “Go there” ini ambigu banget nie. Go there ke kiri apa ke kanan ga jelas. Alhasil kita nyasar mondar mandir ga nemu mana yang jual kartu STP. Bayangin aja kita 1 jam di bandara muter-muter nyari loket yang jual STP. astagfirullooohhh… ^_^ Dan sesuatu banget yah akhirnya kita berhasil ketemu stand yang jual kartu STP itu, bentuknya kayak stand jual pulsa perdana gitu, gw kira belinya harus di loket sekitar MRT atau loket Bis gitu yah. astagaaa…. Yasudahlah yang penting akhirnya kita dapet juga tuh kartu. Maaf yah teman dirimu jadi capek gara-gara gw gak tau belinya dimana. hahahahhahaha…. Oh iya STP ini berlaku untuk 3 hari unlimited, bebas mau berapa kali aja naik MRT atau naik bis. Ini semacam kartu terusan untuk transportasi di Singapore selama 3 hari. Harga kartu STP ini $38.
  3. Dari Bandara Changi kita mau menuju hotel dengan menggunakan MRT. Saat kita uda naik MRT, kita langsung duduk anteng. Eh ternyata MRT pertama yang kita naikin ga langsung ke tempat tujuan, melainkan dari Changi cuma ke Tanah Merah, terus balik lagi ke Changi. Kita naik MRT uda sampai di Tanah Merah bukannya turun malah ikut balik lagi ke Changi. Koplak banget deh. Well, ini bukan karena kita innocent yah, tapi karena di peta jalur Changi itu warna hijau searah jalurnya kalau mau ke tempat tujuan kita (Bugis), jadi kita pikir kita ga perlu transit. Next time kalau ke Singapore lagi harus transit di Tanah Merah yah. wkwkkwkkwkwkwkwkwkwkwkwk

Ini sebagian peta MRT. Perhatikan jalur Changi Airport menuju Tanah Merah. MRT dari Changi Airport hanya sampai di Tanah Merah, dari Tanah Merah baru kita bisa melanjutkan ke destinasi tujuan kita.

STP (Singapore Tourist Pass)

Setelah itu kita langsung turun di Bugis, dari Bugis kita jalan kaki nyari hotel kita yang berada di Bencoolen street. Nama hotelnya Bencoolen Hotel. Untung banget temen gw uda register rooming internet gitu di hp nya, sementara gw ga kepikiran buat internetan di jalan karena ga terpikir buat pakai google map selama di Singapore. Kirain semuanya akan easy & lancar jaya, ternyata kita buta jalan dan tetap butuh map. Oh la la…. ^_^

Sampai di hotel kita langsung berasa nyaman banget karena kamar hotelnya beneran cozy, ada wifi, ada tv, ada ac, ada hairdryer, terus di lantai 2 ada kolam renang dan tempat fitness, ga jauh dari kolam renang juga disediain air di dispenser untuk pengunjung hotel yang mau isi air botolnya. Dan salahnya kita, kita baru explore hotel di hari terakhir di mana sebelumnya kita selalu beli air mineral di toko dengan harga $1 sampai $2.5. Hadehhhh…. kalau tau disediain air begini kan mending ga usah beli air lagi kan yah. hahahahahhaa

Oh ya, hotel ini recommended banget lho. Buat yang mau nginep disini alamatnya di 47 Bencoolen Street Singapore 189626, untuk info lebih detail kalian bisa cek di website http://www.hotelbencoolen.com. Lokasi hotelnya gak terlalu dekat ke stasiun MRT, kalau mau ke stasiun Bugis atau Bras Basah, musti jalan “sedikit”. Tapi ada halte bis pas seberang hotel. But it was good lha… kita masih bisa pergi-pergi dengan lancar walau bingung, dan capek, dan nyasar. hahahahhahahahaa

Image may contain: bedroom and indoor
Kamar kami saat menginap di Bencoolen Hotel

Image may contain: pool and outdoor
Kolam renang di Bencoolen Hotel

Well, selama di Singapore kita kebanyakan jalan kaki, naik MRT, dan beberapa kali naik bis yah. Sampai kaki gw berasa capek banget dan kedua jempol gw bengkak semua. hahahahahhaa Oh iya, kartu STP itu bisa untuk naik MRT dan Bis, jadi jangan takut kalau mau naik bis, pasti bisa kok.

Oh iya, sebelum sampai hotel; saat kita jalan kaki dari stasiun Bugis menuju Hotel Bencoolen, kita mampir dulu di Waterloo Street karena disitu rame banget banyak belanjaan kayak pasar kaget gitu. Masih di Waterloo kita sempat berfoto di depan Sri Krishnan Temple dan Kwan Im Thong Hood Cho Temple yang lokasinya berdekatan. Di daerah ini juga ada foodcourt di Albert Centre, Queen Street, kita makan siang murah disini. Saya makan nasi goreng harganya cuma $3, karena ini di Singapore bilangnya murah yah, kalau di Indonesia buset mahal banget nasi goreng Rp 30.000. hahahahahaha Oh iya, disini ada makanan halal juga.

Image may contain: 1 person
Sri Krishnan Temple

Image may contain: 1 person, outdoor
Kuan Im Thong Hood Cho Temple

Ga jauh dari situ ada juga toko pernak-pernik Buddha yang di depan tokonya juga banyak patung dewa-dewa untuk disembah sama masyarakat yang lewat situ atau yang mampir kesitu. Terus ada wishing ribbon di mana kita bisa tulis harapan/doa kita pada pita panjang yang disediakan terus kita ikatkan pita tersebut pada patung dewa (gw ga tau nama dewanya. Liat gambar dibawah). ^_^ Mau tau apa yang gw tulis di wishing ribbon? hehehe “Get married, get rich, go to Europe”. Amin Amin. Sadhu…Sadhu…Sadhu….

No automatic alt text available.
Wishing Ribbon. Tulis harapan atau doa kamu di pita wishing ribbon, lalu ikatkan wishing ribbon pada patung dewa

Image may contain: one or more people, people standing and indoor
Naomi saat mengikatkan wishing ribbon pada patung dewa dengan harapan “Get Married, Get Rich, Go to Europe”

Image may contain: indoor and food

Image may contain: 1 person, indoor

Sorenya kita ke Chinatown, banyak oleh-oleh menarik di Chinatown. Cuma berhubung gw lagi irit so ga belanja yah… cuma liat-liat dan foto-foto aja. hahahahaha Ga jauh dari Chinatown ada Sri Mariamman Temple. Tempatnya bagus deh. Gw dan teman gw uda buka sepatu dan ready mau masuk, tapi karena si petugas liat gw bawa kamera, jadi gw harus bayar $3 kalau ga salah, terus karena gw males buang $3, jadi kita ga jadi masuk temple. Wkwkwkwkwkwkwkkwkwwkk

Chinatown Singapore

Chinatown Heritage Center Singapore

Image may contain: 1 person, outdoor

Image may contain: 11 people, people smiling, outdoor
Sri Mariamman Temple Singapore

Image may contain: indoor
Tampak dalam Sri Mariamman Temple. Gw curi-curi foto dari luar.

Dari Chinatown kita ke Orchad Road. Di Orchad Road rencananya mau makan malam, tapi ternyata tempatnya elit banget gitu, kebanyakan resto yang mahal, terus itu tempat perbelanjaan luxury gitu. So yaudah kita jalan-jalan dan foto-foto aja di sekitaran Orchad Road dan capek banget, sampai gw ga mau balik lagi ke MRT Orchad, akhirnya kita naik bis.

Image may contain: 2 people, people smiling, night and outdoor
Naomi berfoto di depan Orchad Mall

Image may contain: one or more people, night, tree, shoes and outdoor
Naomi berfoto bersama icon Orchad Mall

Dari Orchad Road kita naik bis dan turun entah dimana gw lupa, kalau ga salah turun di Bras Basah. Dari situ kita mau makan malam di Bugis street, kita mengandalkan google map, dan kita muter-muter 2x sampai kaki gw uda memar saking capeknya plus kelaparan pula, terus akhirnya ga ketemu tuh Bugis, dan akhirnya kita terpaksa makan di salah satu mall terdekat, ga jelas juga sih ini mall apa bukan, pokoknya kayak mall gitu lha yah, namanya The Cathay Cineplex. Gw lupa makan apa, yang jelas puas lha buat orang yang lagi kecapekan dan kelaparan. hehehhhe Oh iya, di jalan kita sempat mampir ke OBJECTIFS (Centre of Photography and Film), tempatnya uda tutup tapi diluar ada karya-karya fotografi gitu terus kita foto-foto deh.

Image may contain: 1 person, smiling, standing, night and outdoor
Naomi di depan Objectifs (Center of Photography and Film)

Image may contain: one or more people
Naomi saat melihat-lihat karya fotografi di halaman Objectifs (Center of Photography and Film)

Karena sudah malam dan sudah capek banget kita langsung balik ke hotel. Besok paginya kita jalan kaki ke Little India, kita sarapan makanan India yang enak dan murah banget. Di Little India banyak tempat makan halal, jadi jangan khawatir kalau ke Singapore karena hampir di semua tempat pasti ada makanan halal karena Singapore kan negara multi ras (semua negara juga multi ras yah), cuma maksud gw disini mayoritas Cina, India, dan Arab. Jadi mix dimana-mana ada makanan halal juga.

Image may contain: sky, tree and outdoor
Little India Arcade

Image may contain: one or more people, sky, house and outdoor
Little India Singapore

Image may contain: sky and outdoor

Image may contain: food and outdoor

Dari Little India kita naik MRT ke stasiun Harbour Front menuju ke Sentosa Island. Dari Harbour Front kita naik cable car menuju Sentosa Island. Untuk menuju Sentosa Island ini ga harus naik Cable Car, bisa naik bis, bisa naik MRT khusus Sentosa, bisa juga jalan kaki. Gw dan temen gw pilih naik Cable Car sambil melihat pemandangan Singapore dari atas Cable Car. Naik Cable Car ini harganya $32 untuk pulang pergi. Mahal dan sempat ragu, tapi yaudah namanya juga lagi liburan jadi dinikmati aja deh. hehehhe

Sampai di Sentosa, kita mampir di hutan apa gitu kita jalan-jalan ga jelas. hahahha terus kita ke Siloso Beach, ini pantainya bagus banget…. bodohnya gw ga selfie disini karena saking panasnya dan teriknya gw rasanya mo fokus nyari tempat berteduh. hahhaha Dari Siloso Beach kita naik Sentosa Bis ke tempat main wahana Skyline Ride dengan harga $11 untuk sekali jalan. Gw dan teman gw dengan PD-nya naik skyline, dan pas uda diatas…..astagfirulloh alazim ini tinggi banget man…. dan kita cuma duduk doank diatas skyline tanpa ada safety belt atau pelindung apapun. Wahana ini cocok banget buat kamu yang mau bunuh diri, tinggal loncat aja pasti langsung bye. Gw panik banget pas diatas karena ga ngerasa safety. Gw dan teman gw diam seribu bahasa dan kaku ga bergerak, karena gw takut kalau bergerak nanti kita jatoh kebawah terus masuk berita deh: “Dua turis asal Indonesia ditemukan meninggal dunia karena terjatuh di wahana Skyline Sentosa Singapore”. wkwkwkwkkwkwk amit amit yah…..

Abis naik skyline kita foto-foto lagi di sekitaran Sentosa, foto di depan Universal Studio, di Eye Trick Museum, Candylicious, dll. Dan yang paling seru itu waktu berfoto sama ular phyton, cukup bayar $5 kamu uda bisa foto bareng ular phyton. hohoho

Oh iya ada pengalaman yang agak kocak nie, waktu gw dan teman gw di Sentosa, tiba-tiba ada cowok India nyamperin kita. Gw pikir dia mau nanya arah jalan, karena awalnya dia nunjuk-nunjuk ke arah jalan. Eh terus dia nanya nama gw siapa, nama teman gw siapa, terus dia nanya kita dari mana, terus dia nanya kita nginep di hotel mana, dan bodohnya gw dengan polosnya nyebut nama hotel gw, terus yang bikin shock dia nanya kamar nomor berapa….. wahhh… pas pertanyaan yang ini gw uda langsung ngeri kalau nie India cumi mau aneh-aneh, terus gw bilangnya “wahhh…sorry…no boys…only girls… you better go. I think your wife is looking for you“. wkwkwkwkwkwkkk terus tuh India nanya ke teman gw dan teman gw jawab, “no English“. pinterrr….dia pura-pura ga bisa bahasa Inggris. hahahahhahaha Terus akhirnya kita buru-buru kabur dari cowok itu. ^_^

Image may contain: people standing, sky and outdoor
Cable Car di Sentosa Island, Singapore

Image may contain: 1 person, sitting and outdoor
Naomi saat berada di dalam Cable Car menuju Sentosa Island, Singapore

Image may contain: table, plant, tree and outdoor
Cafe di Siloso Beach Singapore

Image may contain: one or more people, ocean, sky, outdoor, water and nature
Siloso Beach Sentosa Island, Singapore

Image may contain: one or more people, beach and outdoor

Image may contain: 2 people, people sitting, sky, outdoor and nature
Berselfie saat berada diatas Skyline Ride di Sentosa Island, Singapore

Image may contain: 1 person, smiling, standing, outdoor and food
Berfoto bersama ular phyton di sentosa Island, Singapore

Image may contain: 1 person, smiling, standing and outdoor
Naomi saat berfoto di depan icon Universal Studio Singapore

Dari Sentosa Island kita ke Holland Village. Di Holland Village ada toko yang jual baju-baju murah lho. Gw belanja dress cuma $3, wajib kesana deh. Terus yang gw suka banget dari Holland Village, makanan di foodcourtnya enak banget gila. OMG…. Oh iya, selama kita di Singapore kita selalu dapet makanan enak. Swear kalau gw ke Singapore lagi gw harus banget balik ke Holland Village Market & Food Centre ini. Enaaaaakkkkkkk makanannya.

Image may contain: one or more people, shoes and outdoor
Holland Village Singapore

Image may contain: tree and outdoor
Holland Village Market & Food Center, Singapore. Tempat saya makan makanan yang enak banget

Image may contain: 2 people, people smiling, outdoor
Holland Village Food Court, Singapore

Dari Holland Village kita ke Bugis Street liat-liat belanjaan dan beli oleh-oleh. Buat yang mau belanja oleh-oleh murah gw rekomendasiin di Bugis Street. Di Chinatown untuk oleh-oleh yang unik-unik dan bagus-bagus tapi harganya agak sedikit mahal. Terus kalau mau belanja yang mahal banget silahkan ke Orchad Mall… hehheheehe

Image result for bugis street singapore
Bugis Street Singapore

Dari Bugis Street kita balik ke hotel karena hati sudah senang dan badan sudah lelah… hehehhehehe Besoknya kita langsung check out dari hotel dan pergi ke Kampung Glam/Kampung Arab untuk makan siang. Di Kampung Glam kita berfoto didepan Masjid Sultan, kalau teman gw sih enak dia sempat Sholat di Masjid Sultan jadi bisa lihat dalamnya masjid Sultan. Berhubung gw lagi pakai celana pendek jadi ya gak enak mau masuk ke masjidnya. hehhehehe Di Kampung Glam uda pasti banyak tempat makan halal secara ini kan kampung Arab yah.

Image may contain: sky, car and outdoor
Kampung Glam Singapore

Image may contain: 2 people, outdoor

Image may contain: 1 person, smiling, walking, sky, shoes and outdoor

Naomi saat berfoto di Masjid Sultan Singapore

Dari Kampung Glam kita pergi ke tempat tujuan terakhir kita sebelum ke Bandara. Kita ke Merlion Park. Kita naik MRT menuju stasiun City Hall, dari City Hall kita jalan kaki ke arah Esplanade. Selain di Merlion Park kita juga berfoto-foto di sekitaran Merlion Park seperti Victoria Theater and Memorial Hall dan lain-lain.

Image may contain: 1 person, smiling, standing and outdoor
Naomi saat berfoto di Merlion Park Singapore

Image may contain: 1 person, smiling, standing, sky, ocean, bridge, outdoor and water

Esplanade Singapore

Image may contain: skyscraper, sky, outdoor and water

Image may contain: 1 person, standing, skyscraper, sky, shoes, child and outdoor

Image may contain: sky and outdoor
Naomi saat berfoto di Victoria Theater and Memorial Hall Singapore

Image may contain: 3 people, people smiling, outdoor

Setelah puas foto-foto di sekitar Merlion Park, kita jalan kaki lagi menuju stasiun MRT City Hall untuk menuju Bandara Changi. Sebenernya bisa juga naik MRT dari Esplanade, tapi nanti musti transit dulu, malah lebih jauh. Jadi kita pilih naik dari City Hall.

Kesimpulan dari liburan gw di Singapore ini seru dan asik. Gw suka banget sama negaranya karena bersih dan teratur banget. Ga ada polusi. Terus semua tempat bagus buat foto-foto. Pokoknya ok lha. Yang bikin sebel mungkin karena gw dan teman gw baru pertama kali ke Singapore dan kita risetnya belum terlalu detail karena kita ga jago baca peta (gw doank kayaknya, temen gw sih ok ok aja baca petanya). hahahahhaa Alhasil ya kita jadi nyasar dan bingung nyari-nyari tempat tujuan. Dan yang paling penting adalah semua makanannya enak-enak banget dan harganya murah-murah banget. Untuk makanan murah-murah, tapi kalau untuk belanja mahal-mahal banget yah. hehehhehe Oh iya harga air mineral juga mahal $2 = Rp 20.000/botol. Terus yang bikin sedih semua wahana di Sentosa Island mahal-mahal banget. T_T  Tapi kita cukup fun dan happy banget selama di Singapore walau kulit gw berubah jadi makin tan gitu deh. Hehehe

Well, sampai disini dulu yah cerita Naomi di Singapore. Sampai jumpa di trip Naomi selanjutnya… ^_^

With Love,

Naomi Indah Sari

You also can follow my instagram:

naomiindahsari

Or add me as friend on facebook: